Home > Game

Patch 6.02 VALORANT Fokuskan Perbaikan Sistem Rewinding

Selain perbaikan sistem rewinding, patch 6.02 hadirkan perbaikan sejumlah bug.
Sumber: twitter/@PlayVALORANT
Sumber: twitter/@PlayVALORANT

IBUGAME -- Patch terbaru VALORANT, 6.02, resmi dirilis pada Selasa (7/2/2023) kemarin. Dalam patch baru tersebut, terdapat satu update yang menarik dimana patch tersebut memperbaharui sistem rewinding. Pembaruan sistem rewinding ini diungkapkan oleh Software Engineer VALORANT, Kevin Lee, melalui keterangan resminya.

Bagi kalian yang belum tahu, sistem rewinding merupakan sebuah fitur dimana saat pemain menembakkan peluru, dan memerlukan waktu bagi sistem menginput untuk mencapai server. Saat server menentukan hasil tembakan, server akan memundurkan posisi karakter di sekitar peluru untuk mencocokkan lokasinya pada saat tembakan pertama kali dilakukan.

Sistem rewinding ini diperkenalkan oleh VALORANT sejak dirilisnya game tersebut pada 2020 silam. Adanya sistem tersebut tentunya sangat penting bagi VALORANT, sebab mampu mengurangi kasus saat pemain merasa harus membidik saat target bergerak, atau bahwa musuh masih bisa ditembak setelah memposisikan ulang dirinya secara aman.

Sejak diperkenalkan dan diterapkan pada awal rilisnya VALORANT, sistem rewinding ini mempunyai angka tetap yaitu 200 md. Dibalik besarnya angka tersebut, VALORANT menganggap bahwa hal tersebut adalah sebagai kondisi jaringan yang bisa diterima, dengan memperhitungkan sejumlah aspek-aspek penting untuk memainkan VALORANT.

Bahkan, Lee berujar, bahwa angka sebesar itu terlalu tinggi bagi sebagian pemain VALORANT. "Berdasarkan banyak data pemain sejak peluncuran, kami telah menetapkan bahwa nilai ini terlalu tinggi untuk kondisi jaringan yang dialami oleh sebagian besar pemain," ungkapnya.

Kendati demikian, hal tersebut sangat berdampak kepada pemain dengan ping yang rendah. Mereka jelas kesulitan bermain serta berhadapan dengan pemain dengan ping yang tinggi. Hal itu juga berkesan terbalik, dimana pemain dengan ping tinggi mendapat perlakuan yang berbeda, ketimbang pemain VALORANT dengan ping rendah.

Maka dari itu Lee menurunkankannya ke angka 140 md, dari yang sebelumnya 200 md. Turunnya angka sistem rewinding tersebut bertujuan untuk mengurangi jaringan pemain VALORANT, khususnya bagi mereka dengan ping yang rendah.

"Kami berharap perubahan ini bisa mengurangi kekesalan yang dirasakan pemain saat bermain melawan pemain dengan ping tinggi dan terus meminimalkan dampak kondisi jaringan terhadap gameplay," tuturnya.

Selain perbaikan sistem rewinding, sejumlah perbaikan bug juga tak luput dari VALORANT, terutama pada patch 6.02. Artinya, terdapat sejumlah bug-bug yang menganggu beberapa agent, senjata, hingga fitur lain. Tentunya, bug yang mengganggu pada hal-hal tersebut sudah diperbaiki dan komunitas bisa memainkan VALORANT dengan nyaman.

Sehubungan dengan itu, VALORANT sudah mengungkapkan satu update yang dibeberkannya, melalui cuitan twitter beberapa waktu lalu (4/2/2023). Cuitan dari VALORANT itu membeberkan update terbaru dari senjata Stinger, yang mendapatkan perubahan pada patch 6.02 kali ini.

Sejumlah perubahan diberikan oleh VALORANT kepada senjata tersebut. Terkini, harga senjata tersebut dinaikkan menjadi 1100. Selain itu, damage fall-off dari Stinger pun juga berubah. Yaitu 27 damage per peluru dari jarak 0 - 15 meter, serta 23 damage per peluru dengan jarak lebih dari 15 meter.

× Image