Home > Info Sehat

Mengapa Remaja Perempuan Penting Mengonsumsi Zat Besi? Apa Manfaatnya?

Zat besi memiliki banyak fungsi yang mendukung pertumbuhan remaja.
Remaja perempuan.
Remaja perempuan.

INFOREMAJA -- Zat besi memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi remaja putri, terutama selama fase penting masa remaja.

Masa ini ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga asupan zat besi yang cukup menjadi hal yang sangat penting.

Menurut Subhadeep Dasgupta, Kepala Bisnis di Gritzo, fungsi zat besi yang beragam juga mencakup mendukung pertumbuhan, perkembangan otot, dan pematangan organ vital selama tahap kehidupan yang penting ini.

“Zat besi berkontribusi dalam mempertahankan tingkat energi, fungsi kognitif, dan sistem kekebalan tubuh yang kuat, yang semuanya merupakan komponen penting bagi remaja putri saat mereka memasuki lingkungan dan lingkungan sosial baru,” katanya dilansir Zee News, Selasa (27/2/2024).

Dimulainya menstruasi memperkuat pentingnya memenuhi peningkatan kebutuhan zat besi remaja. Remaja yang kehilangan darah setiap bulan memerlukan prioritas pada makanan kaya zat besi, termasuk daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan sereal.

"Menggabungkan pilihan makanan ini dengan sumber vitamin C , seperti buah jeruk dan sayuran berdaun hijau, sangat penting karena meningkatkan penyerapan zat besi," kata Subhadeep.

Dr Vijay Ramanan, Consultant Clinical Hematologist, Director Clinical Hematology, Bone Marrow & Stem Cell Transplant, Ruby Hall Clinic Pune mengatakan, penting bagi remaja putri untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daging tanpa lemak.

Ini pentingnya zat besi bagi....

× Image