Home > Curhat

Ini Ciri-Ciri Anak Korban Bully, Orang Tua Wajib Waspada

Anak korban bully secara tiba-tiba meminta uang tanpa alasan jelas dan selalu minta ditemani orang dewasa.
Ilustrasi bullying. Sumber:Freepik
Ilustrasi bullying. Sumber:Freepik

INFOREMAJA -- Perundungan di sekolah tidak selalu bisa dideteksi langsung pada anak. Orang tua perlu melihat tanda-tanda jika anak atau remaja mengalami perundungan di sekolah.

Praktisi kesehatan masyarakat dr Reisa Broto Asmoro mengatakan ada beberapa tanda bullying pada anak yang perlu orang tua ketahui. Jika diketahui secara cepat, maka akan cepat pula diselesaikan masalahnya.

Reisa mengatakan, orang tua perlu paham kondisi emosi anak yang mengalami perundungan.

"Contohnya seperti rasa gelisah, cemas, waspada, bahkan enggan atau takut mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah," ujar Reisa dalam Siaran Sehat dengan topik 'Jaga Anak Kita Dari Bullying', beberapa waktu lalu.

Anak yang menjadi korban bully juga akan terlihat kehilangan teman secara tiba-tiba. Kemudian, anak-anak dan remaja ini akan lebih banyak menarik diri dari lingkungan dan menghindar dari situasi sosial.

Selain itu, sering ditemukan barang-barang mereka tiba-tiba hilang atau rusak. Entah itu barang elektronik, peralatan sekolah, pakaian atau barang-barang pribadi lainnya.

"Kadang kan suka ada bullying yang merampas ya, mengambil barang-barang tersebut," ujarnya.

Tanda lainnya adalah anak tiba-tiba meminta uang untuk alasan yang tidak jelas atau di luar kewajaran dari kebutuhan biasanya.

Anak juga mengalami....

× Image