Home > Tips

Berapa Lama Screentime yang Sehat Bagi Anak dan Remaja?

Lebih penting membatasi anak menatap layar ketimbang mengkhawatirkan berapa lama mereka di depan layar.
Ilustrasi anak mengakses internet.
Ilustrasi anak mengakses internet.

INFOREMAJA -- Tidak dapat dimungkiri kehidupan saat ini sudah sangat lekat dengan teknologi. Sulit sekali melepaskan diri dari gadget yang kini telah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Banyak orang tua percaya teknologi juga penting untuk tumbuh kembang anak. Tapi, berapa lama waktu yang boleh dihabiskan seorang anak dan remaja di depan layar?

Pembatasan sosial dan isolasi selama pandemi Covid-19 sejak awal 2020 hingga 2023 telah membuat waktu penggunaan ponsel pada anak dan remaja meningkat hampir dua kali lipat.

Baca juga, 16 Narapidana Tanah Abang Kabur dari Sel, Ini Daftar Film Tentang Tahanan Kabur

Menurut Bosco, sebuah aplikasi pemantau aktivitas online dan sosial anak-anak dan remaja, jumlah pesan di grup WhatsApp anak-anak kini lima kali lebih tinggi dibandingkan sebelum masa lockdown. Untuk remaja berusia 13 tahun ke atas, jumlah tersebut kini 7,5 kali lebih tinggi dibandingkan sebelum krisis virus Corona dimulai, lapor Bosco.

Dilansir Tech Advisor, Jumat (23/2/2024), survei Harris Poll pada Agustus 2020 menemukan bahwa hampir tujuh dari 10 orang tua yang memiliki anak berusia 5 hingga 17 tahun mengatakan bahwa waktu menonton anak-anak mereka meningkat. Sebanyak 60 persen merasa mereka tidak punya pilihan selain mengizinkannya.

Anak-anak rata-rata mendapat tambahan 1,5 jam waktu layar sehari pada hari-hari sekolah. Jumlah ini belum termasuk penggunaan untuk sekolah.

Terlalu banyak waktu menatap layar....

× Image