Home > Tips

Sunscreen Buat Remaja Penting Nggak? Ini Rekomendasi Dokter Kulit

Dokter menyarankan remaja menggunakan physical sunscreen atau sunblock.
Sunscreen. (Kredit: Freepik)
Sunscreen. (Kredit: Freepik)

INFOREMAJA -- Sunscreen alias tabir surya adalah salah satu produk kecantikan yang punya banyak manfaat bagi kulit. Sunscreen bermanfaat memproteksi kulit wajah kita dari paparan buruk sinar matahari.

"Sinar matahari bisa mengakibatkan adanya efek aging atau penuaan dini, juga bisa menimbulkan efek burning atau terbakar dan juga kanker kulit dari UltraViolet A, B, maupun C," kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Hari Darmawan dalam wawancara bersama Stylo Indonesia, dikutip Ahad (18/2/2024).

Hari mengatakan, tabir surya bisa dipakai sejak usia enam bulan. Pada usia remaja, tabir surya menjadi sangat penting untuk mencegah berbagai efek buruk sinar matahari.

Meskipun di dalam rumah atau di dalam mobil, sunscreen tetap perlu dipakai. Karena, paparan sinar matahari dapat menembus kaca mobil maupun jendela rumah.

Baca juga, Apakah Remaja Perlu Pakai Skincare? Dokter Kecantikan Bilang Begini

Hari mengungkapkan, ada dua jenis sunscreen yang saat ini beredar, yaitu physical sunscreen atau yang disebut sunblock dan chemical sunscreen.

"Untuk kulit remaja yang memang cenderung sensitif dan mudah merah, sebaiknya menggunakan yang sunblock atau physical sunscreen jangan langsung di chemical sunscreen," kata pria yang juga mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara tersebut

Saat remaja, produksi minyak di kulit semakin meningkat. Sehingga, wajah lebih tampak mengkilap dan juga berminyak. Hal ini akan menimbulkan adanya efek mudah jerawatan. Jadi, saat remaja, pilihlah sunscreen yang sudah ada label for oily skin atau non komedogenik untuk menghindar terjadinya jerawat.

Hari memberikan tips penggunaan sunscreen di halaman selanjutnya....

× Image