Home > Curhat

Remaja Belum Kunjung Haid? Segera ke Dokter, Mungkin Ini Penyebabnya

Umumnya, anak perempuan akan mulai mengalami menstruasi pada usia 9 tahun.
Ilustrasi menstruasi Sumber:Freepik
Ilustrasi menstruasi Sumber:Freepik

INFOREMAJA -- Haid alias menstruasi adalah salah satu kodrat yang akan dirasakan setiap perempuan. Umumnya, anak perempuan akan mulai mengalami menstruasi pada usia 9 tahun.

Namun, ada juga yang terlambat menstruasi hingga usia 15 tahun. Jika sampai usia segitu kamu belum juga haid, segera ajak orang tua ke dokter ya!

Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab remaja belum juga haid atau bahkan tidak bisa haid.

Anak perempuan usia 15 tahun perlu segera ke dokter untuk memeriksakan diri apakah ada nyeri yang dirasakan setiap bulannya. Jika tidak ada nyeri yang berarti, harus segera di cek apakah ada hambatan pada saluran pengeluaran haid.

Kelompok Staf Medis (KSM) Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Cipto Mangunkusumo Dr Surahman Hakim ada beberapa yang bisa menjadi penyebab keterlambatan haid, seperti kelainan gangguan pertumbuhan saluran reproduksi. Yang paling ringan adalah hymen-nya tidak terbuka atau vaginanya tertutup karena ada jaringan tertentu atau mulut rahimnya tidak terbentuk sehingga darah haidnya hanya terpusat di rahim saja.

"Hal-hal seperti ini harus tindakan segera,” kata Surahman dikutip Republika.co.id, Senin (26/2/2024).

Tindakan harus segera dilakukan karena bisa menyebabkan nyeri yang hebat. Hal itu akan mengganggu aktivitas dan menyebabkan gangguan tertutupnya saluran reproduksi.

Faktor lain yang juga harus diwaspadai adalah....

× Image