Home > Curhat

Remaja Masa Kini Lebih Cepat Dapatkan Haid Pertama, Kenapa Ya?

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan remaja perempuan masa kini mendapatkan haid pertama lebih cepat.

Beberapa faktor eksternal yang dapat berpengaruh di antaranya seperti makanan siap saji (fast food) dan kualitas udara yang semakin memburuk, yang salah satunya diakibatkan oleh polusi udara.

Meski begitu, orang tua dan remaja tidak perlu khawatir jika sudah mendapatkan haid pertama pada usia sembilan tahun. Sejatinya, setiap perempuan telah memiliki sel telur sejak lahir.

"Jadi, warisan sel telur pada wanita itu tidak dibentuk, beda dengan laki-laki, sperma itu dibentuk. Kalau pada wanita, sel telur itu sudah dapat ketika dia lahir, kemudian dalam proses tertentu, bayi, balita, sampai anak-anak itu dia dalam kondisi freeze begitu ya. Nah, kemudian pada saat menstruasi, hormon dari otak itu mengatur pematangan sel telur secara bertahap," paparnya.

Menurutnya, setiap anak perempuan memiliki pertumbuhan seksual sekunder hingga usia 15 tahun. Pada periode tersebut menstruasi akan terjadi, serta payudara dan bulu-bulu di sejumlah permukaan kulit akan tumbuh, yang menandakan anak tersebut tumbuh normal.

× Image