Home > News

Harga Beras Lagi Mahal, Ini Pengganti Nasi untuk Asupan Karbohidrat Kamu

Ada beberapa alternatif bahan bakalan sebagai pengganti nasi.
Quinoa (Sumber: Freepik)
Quinoa (Sumber: Freepik)

INFOREMAJA -- Beberapa waktu terakhir, ramai diberitakan kenaikan harga beras. Tidak tanggung-tanggung, harga beras di pasaran melonjak cukup tajam.

Beras sudah menjadi makanan sehari-hari di Indonesia. Bahkan, ada istilah belum makan kalau belum makan nasi.

Padahal, asupan karbohidrat kita tidak cuma berasal dari nasi, lho, remaja! Ada banyak bahan lainnya yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat.

1. Kentang

Satu butir kentang berukuran sedang memiliki lebih banyak potasium daripada pisang. Ini membuatnya bagus untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, kentang menawarkan pati resisten yang bagus untuk kesehatan usus.

2. Ubi jalar

Melansir Healthline, Kamis (15/2/2024), ubi jalar adalah umbi-umbian atau sayuran akar yang lezat dan bergizi. Satu setengah cangkir (100 gram) ubi jalar yang dihaluskan dan dimasak beserta kulitnya mengandung sekitar 20,7 gram karbohidrat, yang terdiri dari pati, gula, dan serat.

Ubi jalar juga kaya akan sumber vitamin A, vitamin C, dan potasium (25). Terlebih lagi, buah ini mengandung antioksidan, yaitu senyawa yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya di sel Anda untuk melindungi Anda dari penyakit kronis.

Lanjut ke halaman dua....

× Image