Home > Curhat

Kapan Anak Perempuan Mendapatkan Menstruasi Pertama? Bagaimana Tanda-tandanya?

Menstruasi biasanya akan hadir begitu kamu mulai masuk masa puber.
Ilustrasi remaja perempuan. (Kredit: Freepik)
Ilustrasi remaja perempuan. (Kredit: Freepik)

INFOREMAJA -- Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang disebabkan oleh peluruhan dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan. Menstruasi atau juga disebut haid biasanya terjadi secara periodik setiap bulannya.

Mestruasi adalah salah satu kodrat perempuan. Tidak ada yang tahu kapan pertama kali seorang anak perempuan akan mendapatkan menstruasi pertamanya. Tapi, biasanya, haid akan hadir begitu kamu mulai masuk masa puber.

Pubertas adalah masa dimana kamu bertumbuh dan berkembang menuju dewasa. Akan ada banyak perubahan yang terjadi pada kamu, baik dari dalam maupun dari luar.

Bagi perempuan, menstruasi termasuk di dalamnya.

Dilansir Kids Health, Kamis (15/2/2024), sebagian anak perempuan memulai masa puber pada umur delapan tahun. Tapi, ada juga yang terlambat puber di usia 13-14 tahun.

Tidak perlu khawatir, setiap anak memiliki perjalanan puber yang berbeda-beda. Jadi, kamu tidak perlu sedih kalau terlambat masuk masa puber atau lebih dulu dibandingkan teman-temanmu.

Pada awal masa puber, kamu akan merasa payudaramu mulai membesar. Area perempuanmu mulai tumbuh rambut. Tidak hanya itu, rambut juga akan tumbuh di area ketiak.

Bagi kebanyakan anak perempuan, periode menstruasi pertama mereka, atau menarche dimulai sekitar 2 tahun setelah dia pertama kali mulai menyadari payudara tumbuh. Bagi kebanyakan anak perempuan, menstruasi ini terjadi pada usia sekitar 12 tahun. Namun bisa juga terjadi pada usia 8 tahun atau paling lambat pada usia 15 tahun.

Bicarakan dengan dokter jika....

× Image