Home > Curhat

Remaja, Ini Bagian Tubuh yang tidak Boleh Disentuh Orang Lain

Jangan ragu untuk menolak jika kamu merasa tidak nyaman dengan sentuhan orang lain.

Area pribadi adalah sejumlah area tubuh tersebut tidak boleh disentuh atau dilihat tanpa izin kamu sama sekali seperti penis, payudara, bibir, dan bagian tubuh lain yang kamu tidak ingin orang lain sentuh.

Sentuhan yang diperbolehkan dalam batasan sosial adalah seperti tos atau berjabat tangan. Sementara, pelukan atau ciuman bukan hal yang harus selalu dipaksakan. Jika kamu nyaman dicium orang yang kamu kenal, maka izinkanlah dalam batas wajar. Tetapi jika kamu tidak nyaman dicium bahkan oleh orang tua kamu sendiri, maka sampaikanlah pada mereka kalau kamu tidak mau dicium.

Sentuhan yang dipaksakan tidak boleh dilakukan, ya!

Tanamkan sedari dini bahwa tubuh kamu adalah hak dan milik kamu sepenuhnya. Itulah konsep yang disebut otonomi tubuh. Artinya, siapa pun tidak boleh melihat atau menyentuh bagian pribadi kamu tanpa izin. Pada saat yang sama, kamu pun tidak boleh melihat atau menyentuh tubuh orang lain tanpa izin.

Kau juga harus memahami tentang sentuhan yang "baik" dan "tidak baik". Sentuhan baik adalah cara orang menunjukkan bahwa mereka peduli dan membantu satu sama lain, seperti saat pengasuh membantu mandi atau menggunakan toilet, atau saat dokter memeriksa untuk memastikan tubuh sehat.

"Sentuhan yang "tidak baik" adalah sentuhan yang tidak disukai, menyakiti, membuat kamu merasa tidak nyaman, bingung, takut, atau ada hubungannya dengan bagian pribadinya," ungkap Nienow.

Jangan pernah ragu untuk selalu memberi tahu ayah, ibu, atau orang dewasa lain yang dipercaya jika ada orang yang menyentuh bagian pribadi kamu atau membuat kamu merasa tidak nyaman dengan cara apa pun. Kamu harus berani bilang tidak jika merasa berada di situasi yang menakutkan.

× Image