Home > Curhat

Remaja, Ini Bagian Tubuh yang tidak Boleh Disentuh Orang Lain

Jangan ragu untuk menolak jika kamu merasa tidak nyaman dengan sentuhan orang lain.
Anak dan orang dewasa bergandengan tangan. Sumber:Freepik
Anak dan orang dewasa bergandengan tangan. Sumber:Freepik

INFOREMAJA -- Bagi orang tua, mencium dan memeluk anak adalah salah satu bentuk kasih sayang. Tapi, seiring anak tumbuh remaja, sentuhan dan ciuman bisa membuat mereka risih. Apalagi, sentuhan itu berasal dari orang lain yang tidak dikenal.

Remaja, ada banyak bagian tubuh yang perlu kamu lindungi dari sentuhan orang lain. Ada sentuhan yang boleh dan tidak boleh dilakukan orang lain terhadap tubuhmu.

Jangan ragu untuk menolak jika kamu merasa tidak nyaman dengan sentuhan orang lain. Jangan takut untuk berteriak atau minta tolong pada orang lain jika sentuhan itu membuat kamu takut.

Organisasi dokter spesialis anak di Amerika Serikat, American Academy of Pediatrics (AAP), memberikan gambaran umum terkait sentuhan yang boleh dan tidak boleh. Dikutip dari situs resmi American Academy of Pediatrics, remaja perlu mengetahui tentang otonomi atas tubuh sendiri sejak dini. Perwakilan AAP, Shalon Nienow, mengatakan cara itu akan melindungi kamu dari sentuhan yang tidak diinginkan.

Pertama, ketahuilah seluruh bagian tubuhmu, termasuk alat kelamin. Gunakan nama asli mereka sesuai anatominya, seperti penis, vagina, payudara, dan bokong.

Ingatkan orang tua kamu untuk tidak menyebutnya dengan nama lain. Mengarang nama bagian tubuh bisa memberikan kesan jelek, tabu, atau rahasia.

Setelah itu, kamu harus tahu bagian mana yang merupakan area "pribadi" mana yang boleh disentuh dalam skala wajar.

Area pribadi adalah area yang tidak....

× Image