Home > Teknologi

Sony Beberkan Perangkat Barunya pada Play Station Showcase 2023

Sony perkenalkan Project Q dan earbud bluetooth.
Sumber: Play Station
Sumber: Play Station

IBUGAME -- Dibalik meriahnya acara Play Station Showcase yang berakhir pada minggu lalu (24/5/2023), yang mana Sony memperkenalkan puluhan game-game baru, rupanya Sony memperkenalkan satu konsol terbarunya pada acara tersebut. Konsol terbarunya itu adalah Project Q, yang dibeberkan Sony dalam Play Station Showcase.

Project Q adalah salah satu konsol terbaru yang diciptakan oleh Sony di pertengahan 2023 ini. Project Q merupakan sebuah konsol genggam layaknya Steam Deck. Konsol terbaru Sony ini dilengkapi dengan segudang fitur-fitur menarik.

Dari segi tampilan luar, Project Q dibumbui dengan layar HD 8 inci lengkap dengan tombol-tombol serta kontrol nirkabel dual sense. Bahkan, dengan performa layar yang bagus seperti itu, Project Q mampu memainkan game hingga 1080p dan 60fps.

Terlebih lagi, tombol-tombol yang tersedia di dalam Project Q juga telah menyediakan fitur berupa adaptive triggers dan haptic feedback.

“Dikenal secara internal sebagai ‘Project Q’, perangkat ini memiliki layar HD 8 inci dan semua tombol serta fitur pengontrol nirkabel DualSense,” tutur bos PlayStation, Jim Ryan, dilansir dari The Verge pada Kamis (25/5/2023).

Selain dilengkapi dengan layar 8 inci serta perintilan fitur lainnya, Project Q juga menghadirkan fitur yang tidak kalah menarik. konsol baru tersebut bisa dimainkan dan terhubung ke PS5 melalui remote play, sekaligus bisa melakukan streaming game menggunakan jaringan Wi-Fi.

“Kami akan meluncurkan perangkat khusus yang memungkinkan pemain untuk melakukan streaming game apa pun dari konsol PS5 menggunakan Remote Play melalui Wi-Fi,” sambung Jim.

Namun, perangkat baru ini memiliki sedikit kekurangan. Untuk bisa memainkan game di dalam Project Q, game tersebut harus ter-install di dalam PS 5 terlebih dahulu. Bahkan, hadirnya Project Q berfungsi sebagai pendukung untuk konsol PS5.

Artinya, Project Q bukanlah konsol tersendiri dan bisa dimainkan langsung layaknya Steak Deck maupun game-game yang ada di handphone. Selain Project Q, Sony juga mengumumkan Earbud Bluetooth terbarunya, pada Play Station Showcase.

Kendati demikian, Sony belum membeberkan kapan Project Q maupun Earbud Bluetooth ini akan dijual di pasar, secara resmi. Bahkan, Sony juga belum membocorkan harga dari kedua perangkat terbarunya tersebut.

× Image