Home > Game

Resmi! Riot Games Ungkap Roadmap Valorant Champions Tour 2024

VCT 2024 akan digelar dengan format yang berbeda.
Sumber: Valorant Esports
Sumber: Valorant Esports

IBUGAME -- Sebagai penutup penyelenggaraan Valorant Champions Tour 2023 selama setahun penuh, Riot Games resmi memperkenalkan roadmap VCT 2024 mendatang. Roadmap tersebut dibeberkan Riot Games melalui tayangan youtube Valorant Esports, pada Kamis (24/8/2023).

Informasi seputar roadmap VCT 2024 itu dibeberkan oleh Global Head Valorant Esports, Leo Faria. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan VCT 2024 mendatang akan dimulai dengan jadwal yang serupa di VCT 2023 saat ini.

Mengenai jadwal, penyelenggaraan VCT 2024 nanti akan dimulai sekitar pertengahan Januari, dan akan berakhir pada penghujung September. Dengan jadwal yang sudah diatur sedemikian rupa tersebut, VCT 2024 tentu mempunyai sejumlah turnamen yang akan dilangsungkan, sekaligus merupakan rangkaian dari turnamen tahunan Valorant tersebut.

Pertama, format yang diusung Riot Games untuk VCT tahun depan menampilkan sesuatu yang berbeda dari tahun sebelumnya. Riot Games memastikan akan melangsungkan turnamen pembuka yaitu Kick Off. Untuk Kick Off sendiri, turnamen ini bakal diselenggarakan dari pertengahan Januari sampai pertengahan Maret.

Selain turnamen pembuka tersebut, Riot Games masih tetap menyelenggarakan turnamen liga internasional. Bahkan, Riot Games menyelenggarakan turnamen tersebut sebanyak dua kali, dalam kalender VCT 2024. Untuk liga internasional pertama, dikabarkan akan berlangsung pada pertengahan Maret, hingga Mei. Kemudian yang kedua, bakal dilangsungkan sekitar akhir Mei sampai Juli.

Leo menuturkan, dua turnamen tersebut akan berlangsung selama dua minggu dan akan meloloskan sejumlah tim, untuk menuju Masters "Jadi mulai 2024, kita akan memulai musim ini dengan turnamen dua minggu di setiap liga internasional, yang akan meloloskan total delapan tim untuk Masters tahun ini," ungkapnya.

Leo juga mebeberkan, kalender VCT di tahun depan masih akan menyelenggarakan turnamen Masters. Bedanya di tahun depan, turnamen tersebut bakal dilangsungkan sebanyak dua kali, di tempat dan waktu yang berbeda juga. Masters 1 nantinya dipastikan akan berlangsung di Madrid, Spanyol.

Leo menyebutkan, jadwal Masters 1 mendatang bakal dimulai pada akhir Februari sampai pertengahan April. Kemudian Masters 2 yang sudah dipastikan berlangsung di Shanghai, Cina, kemungkinan akan dimulai pada pertengahan April sampai Juni.

Tidak ketinggalan, Riot Games tentunya akan tetap menyelenggarakan Valorant Champions, sebagai turnamen puncak di kalender VCT 2024. Besar kemungkinan, turnamen puncak tersebut bakal berlangsung dari akhir Juli sampai dengan September.

Pastinya, selain menyelenggarakan turnamen resmi dan termasuk dalam rangkaian VCT 2024, Riot Games juga akan menyelenggarakan turnamen lain. Challengers dan Challengers Ascension masih tetap dilaksanakan pada tahun mendatang. Namun dua turnamen tersebut dipastikan tidak masuk ke dalam kalender VCT 2024 nanti. Artinya, Challengers dan Challengers Ascension masih tetap sebagai turnamen promosi, bagi sejumlah tim yang berhasil lolos dan dipromosikan untuk tahun berikutnya.

Selain itu, Riot Games juga akan melaksanakan turnamen khusus untuk wanita, yaitu Valorant Game Changers Championship 2024. Kabarnya, turnamen ini bakal berlangsung pada pertengahan Oktober sampai dengan Desember.

Itulah detail bocoran roadmap VCT 2024 beserta turnamen yang akan dilaksanakan pada tahun depan. Walaupun begitu, Riot Games belum membeberkan jadwal resmi dari penyelenggaraan VCT tahun depan. Kendati demikian, komunitas harus bersabar menanti jawaban Riot Games mengenai hal tersebut.

× Image