Home > Game

Apa Saja Hal Baru Yang Terungkap Dalam VCT 2024?

Salah satunya adalah sistem poin terbaru.
Sumber: Valorant Esports
Sumber: Valorant Esports

IBUGAME -- Kita tahu bahwa Global Head Valorant Esports, Leo Faria, membeberkan sejumlah roadmap Valorant Champions Tour 2024, beserta turnamen-turnamen yang diadakan. Hal itu diungkapkannya melalui tayangan youtube Valorant Esports, pada Kamis (24/8/2023) lalu. Namun, selain terungkapnya roadmadp dan turnamen VCT tahun depan, Leo juga memberikan informasi terbaru, seputar penyelenggaraan turnamen tahunan tersebut.

Pada penyelenggaraan VCT tahun depan, sudah dipastikan ada tiga tim yang akan bertanding di liga internasional. Di antaranya The Guard, Gentle Mates, dan Bleed Esports. Ketiga tim itu sukses dipromosikan, usai memenangkan juara di Challengers Ascension pada tahun 2023 ini. Masuknya ketiga tim tersebut dipastikan akan meramaikan pertarungan di VCT 2024 mendatang.

"Musim 2024 akan menampilkan lebih banyak tim dari biasanya, di tier atas dari olahraga ini. Dengan selesainya Ascension, saya mau menyebutkan tiga tim yang akan bergabung di liga internasional kita di awal tahun. Selamat untuk sebesar-besarnya bagi The Guard, Gentle Mates, dan Bleed Esports yang berjuang setahun ini di Challengers, untuk promosi mereka menjalani dua tahun komitmen di liga internasional," sebut Leo.

Masih berkaitan dengan Challengers dan Challengers Ascension, Leo berencana akan mengembangkan lebih luas kedua turnamen tersebut. Kabarnya di tahun 2025 mendatang, kalender turnamen Challengers akan menampilkan turnamen yang lebih konsisten dari tahun sebelumnya. Bahkan Leo mengungkapkan, penyelenggaraan Challengers Ascension akan dilaksanakan dengan jadwal terbaru.

"Kami memperluas kalender Challengers, dalam menjalani kegiiatan di sepanjang tahun dan menyediakan kompetisi yang lebih konsisten dalam tier 2, serta memindahkan Ascension agar dilaksanakan setelah (Valorant) Champions," ungkapnya.

Kemudian, Leo membeberkan sistem tebaru di VCT tahun depan, yang berkaitan dengan pemain. Untuk VCT 2024 nanti, Riot Games akan menerapkan sistem pinjam pemain selama berlangsung. Leo Menjelaskan, semua tim mendapat kesempatan untuk menukarkan pemainnya, baik dari tim yang bertanding di VCT, ataupun dari Challengers. Lebih dari itu, tim bisa juga menukar pemain dari ranah Game Changers.

"Kami juga akan mengenalkan afiliasi tim dan sistem pinjam pemain, yang memungkinkan tim untuk lebih bebas bertukar pemain antara tier 1 dan 2. Itu juga termasuk (dari) Game Changers yang menyediakan kesempatan dan mobilitas sama pada semua pemain di ekosistem kami," sambung Leo.

Dari sisi VCT 2024, turnamen tahunan tersebut bakal memberlakukan sistem poin, untuk semua tim yang bertanding. Leo menjelaskan, sistem poin ini dinamakan championships points, yang mana akan didapat oleh semua tim di liga internasional. Lebih lanjutnya, sistem poin terbaru ini akan diterapkan, jika suatu tim mendapat poin berdasarkan dari penampilan.

"Perubahan besar pertama kali adalah pengenalan dari championships points di seluruh liga internasional dan turnamen global. Tim akan memperoleh poin berdasarkan penampilan mereka," tutur Leo. Bahkan sistem ini akan diterapkan sebagai kualifikasi menuju Masters tahun depan. "Kualifikasi untuk turnamen global akan didasarkan pada penampilan terbaru tim, dan championships points," lanjut Leo.

Selain itu, liga internasional dalam VCT 2024 nanti alami penambahan wilayah. Jika pada tahun ini terdiri dari tiga wilayah, seperti liga Amerika, EMEA, dan Pasifik, namun untuk tahun depan Riot Games menambah satu slot liga internasional untuk wilayah Cina. "Akhirnya saya sangat senang memberitahu bahwa Cina akan bergabung dengan Amerika, EMEA, dan Pasifik, sebagai liga resmi keempat di VCT. Tim (Cina) terus-menerus menorehkan sejarah mereka di turnamen global. Dengan diluncurkannya Valorant di Cina, kami menyambut dengan resmi komunitas tersebut di olahraga global kami," tutur Leo.

Itulah sejumlah hal menarik yang diungkapkan oleh Leo, mengenai penyelenggaraan VCT 2024 mendatang. Tidak lupa, Leo juga memperkenalkan Premier, turnamen in game Valorant sekaligus sebuah wadah yang menjadikan pemain menjadi seorang profesional. Untuk detail lebih lanjut mengenai hal di atas, Leo akan membeberkannya dalam waktu dekat.

× Image