Home > Curhat

Ini Ciri-Ciri Anak Korban Bully, Orang Tua Wajib Waspada

Anak korban bully secara tiba-tiba meminta uang tanpa alasan jelas dan selalu minta ditemani orang dewasa.

Anak juga mengalami penurunan prestasi akademis di sekolah. Anak jadi sering bolos, tidak mau sekolah, sering minta pulang, dan merasa tertekan saat berada di lingkungan sekolah.

Anak remaja yang menjadi korban juga bisa tiba-tiba ingin selalu ditemani orang dewasa. Emosi korban, ujarnya, juga dapat berubah. Ada yang menjadi sangat tertutup, bahkan ada juga yang sebaliknya, menjadi sangat agresif dan meledak-ledak.

Selain itu, ada tanda-tanda fisik yang dapat muncul, seperti adanya memar, goresan, atau luka lainnya yang tidak wajar. Menurutnya, hal itu tanda bahwa si anak mengalami kekerasan fisik.

"Apalagi kalau dia menutup-nutupi, sengaja nggak mau ganti baju atau memperlihatkan tubuhnya. Menutup, tiba-tiba pakai hoodie terus, tiba-tiba pakai syal terus, dan lain sebagainya," kata Reisa menjelaskan.

Kemudian, korban dapat mengalami mimpi buruk, dan tidur menjadi tidak nyaman. Selain itu, ujarnya, anak dapat kehilangan nafsu makan.

Kata Reisa, jika ada keluhan fisik dari anak, namun dia tidak mau cerita sebabnya, maka perlu ada tindak lanjut. "Atau misalnya cyberbullying, tiba-tiba dia terfokus terus dengan gadgetnya. Atau mungkin malah justru terbalik, dia nggak mau pegang gadgetnya," katanya.

Perundungan adalah mata rantai yang....

× Image